 Pertemuan Ketujuh dan Kedelapan

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan desimal, mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pecahan, mengenai cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta mengenai cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal).
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan perkalian pecahan, mengenai cara menyelesaikan pembagian pecahan, mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, mengenai cara menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai cara menuliskan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian pecahan, mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan desimal, dan mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian desimal.
d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku, mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai perkalian pecahan, mengenai pembagian pecahan, mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, mengenai perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai perpangkatan pecahan dan desimal, mengenai penulisan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai penaksiran penjumlahan atau pengurangan pecahan, mengenai penaksiran perkalian dan pembagian pecahan, mengenai penaksiran penjumlahan atau pengurangan desimal, mengenai penaksiran perkalian dan pembagian desimal.
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai perkalian dan pembagian pecahan, mengenai pemecahan masalah, mengenai penjumlahan dan pengurangan desimal, mengenai perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai perpangkatan pecahan atau desimal, mengenai penulisan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai penaksiran hasil operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan desimal.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai perkalian pecahan.
g. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket .
h. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“.
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket, .yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ dan “Portofolio“
d. Pertemuan Kesembilan

Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
Kegiatan Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi mengenai penggunaan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1
- Buku referensi lain.
Alat :



F. Penilaian

Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
 Memberikan contoh bilangan bulat.

 Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.

 Melakukan operasi penjumlah-an, pengurang-an, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

 Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

 Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.


 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 Mengurut-kan pecahan.

 Menyelesai-kan operasi hitung: penjumla-han, pengurang-an, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.

 Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
 Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal. Tes tertulis Tes uraian 1. Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.
a. Tulislah bilangan bulat
positifnya.
b. Tulislah bilangan bulat
negatifnya.
c. Manakah yang bukan
bilangan bulat positif maupun
negatif.

2. Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.
a. -6, 5, -8, 0, 1
b. -1, -2, 3, 4, 10

3. Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. -14 – (-20)
c. 3 x (-7 + 10)
d. 18 : (-3)

4. Hitunglah.
a. Kuadrat dari (-20)
b.
c.
d.
5. Dalam suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang, dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....

6. Sederhanakanlah bentuk perkalian 3  3  3  5  5  5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.

7. Tulislah sebagai pecahan biasa.

8. Tulislah sebagai pecahan campuran.

9. Tulislah dalam persen dan permil.

10. Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil.
a.
b.
11. Ubahlah pecahan dalam bentuk desimal.

12. Hitunglah:
a.
b.
c. 16,7 + 4,25
d. 5,8 – 4,37
e.

13. Tulislah dalam bentuk baku.
a. 0,00000007051
b. 25,6

14. Taksirlah.
a.
b.
c. 1,39 + 0,69
d. 72,3 : 8,7
15. Jika , berapakah nilai ?

16. Berapakah 9 + 18 : 4,5 ?
a. 6 c. 31,5
b. 13 d. 36
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )

Kompetensi Dasar/Indikator Kriteria Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa (KD/Indikator) Kriteria Ketuntasan Minimal
Komplek
Sitas Daya dukung Intake Penget Praktik
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

 Memberikan contoh bilangan bulat.

 Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.

 Melakukan operasi penjumlah-an, pengurang-an, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

 Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

 Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.


 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 Mengurut-kan pecahan.

 Menyelesai-kan operasi hitung: penjumla-han, pengurang-an, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.

 Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

 Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal






Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah


_______________________ _______________________
NIP. NIP.

Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

Indikator : Menemukan dan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menemukan dan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.

B. Materi Ajar

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai penemuan dan penggunaan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, mengenai menemukan sifat pada operasi penjumlahan bilangan bulat, mengenai menemukan sifat pada operasi pengurangan bilangan bulat, mengenai menemukan sifat pada operasi perkalian bilangan bulat, mengenai memecahkan masalah, dan mengenai menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan desimal, menyelesaikan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal).
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai penemuan dan penggunaan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku mengenai menemukan sifat pada operasi penjumlahan bilangan bulat, mengenai menemukan sifat pada operasi pengurangan bilangan bulat, mengenai menemukan sifat pada operasi perkalian bilangan bulat, mengenai memecahkan masalah, , kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang aljabar dan aritmetika sosial.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1,
- Buku referensi lain.

Alat :



F. Penilaian

Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : uraian singkat.
Contoh Instrumen :

1. Isilah titik-titik berikut ini.
a. -9 + 3 = ....
b. 3 + (-9) = ....
Jadi, -9 + 3 = .... + ....

2. a. 2 (4 5) = ....
b. (2 4) 5 = ....
Jadi, 2 (4 5) = ( .... ....) .... = ....

3. Mino mempunyai sebuah bilangan bulat. Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan itu sendiri. Tentukan nilai bilangan tersebut.

4. Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu . Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 6 jam dikeluarkan dari ruang pendingin?







Palembang, .................................................2010
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah




_______________________ _______________________




























ANALISIS PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PER KD

No
KKM

Nama
Siswa Pencapaian Ketuntasan Belajar Peserta Didik/KD
SK 1 SK 2 SK 3
KD KD KD
1.1 1.2 dst 2.1 2.2 dst 3.1 3.2 dst
…..
…..
…..
…..
…..
…..
…..
…..
…..
1
2
3
4
5
dst
Rata-rata
Ketuntasan belajar (dalam %)
Frekwensi
jml siswa ≤ 49
50-74
75-100
≥ KKM sekolah

0 Comments:

Post a Comment